Senin, 18 Januari 2010

Asia Pimpin Pemulihan Ekonomi Global

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2010 diramalkan akan semakin cepat hingga mencapai 5,5 persen setelah sebelumnya Indonesia tampil sebagai anggota G-20 dengan pertumbuhan tercepat ketiga selama 2009.

Hal tersebut disampaikan Chief Ecomonist sekaligus Group Head of Global Research Standard Chartered, Gerard Lyons dalam forum bertajuk "A Post Crisis World : Implication for Asia" di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (18/1/2010). Diperkirakan pula, pada tahun 2012 nanti pertumbuhan Indonesia akan meningkat hingga 7 persen.

Kondisi pemulihan ekonomi Indonesia yang terkendali dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat juga terjadi di wilayah Asia secara keseluruhan. "Asia diharapkan untuk memimpin pemulihan global pada 2010. Kami perkirakan pertumbuhan global akan mengalami rebound hingga 2,9 persen dari penyusutan sebesar 1,9 persen pada 2009. Sementara Asia, dipimpin China dan India diperkirakan akan meningkat hingga 7 persen tanun ini dari 4,5 persen tahun lalu," ujar Gerard Lyons.

Menurut dia, permintaan sektor domestik di Asia akan menjadi kunci utama pertumbuhan ekonomi. Hal ini sama dengan yang terjadi di Indonesia. Pertumbuhan sangat dipengaruhi sektor domestik sehingga kontraksi ekonomi dunia tidak berpengaruh terhadap Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar